Searching :

Custom Search

Saturday, January 17, 2009

Supply The Power 4 U r Bird House



Ini bukti lain kemajuan teknologi di Belanda. Setiap nurseri besar punya pembangkit listrik sendiri. Mereka punya mesin yang bisa mengubah gas-yang dibeli dari perusahaan minyak setempat-menjadi listrik dan panas.

'Kebutuhan listrik sangat besar terutama untuk mengaktifkan lampu tambahan selama musim dingin ketika hari pendek,' kata Gertjan van Staalduinen. Jika mesti membeli, boros biaya. 'Sementara untuk mengoperasikan teknologi robotik kebutuhan listriknya relatif kecil,' sambung Gertjan. Hasil lain pembakaran gas berupa panas dimanfaatkan untuk menghangatkan nurseri pada musim dingin. Sebaliknya, energi juga dibutuhkan untuk mendinginkan greenhouse pada musim panas.

Produksi listrik yang tidak termanfaatkan di nurseri dijual ke pemerintah atau mereka yang membutuhkan. Itu pendapatan sampingan buat si pemilik nurseri. Sementara pemerintah sendiri mengembangkan pembangit listrik bertenaga angin. Turbin angin itu prinsip kerjanya mengambil cara kerja kincir angin tradisional. Listrik dari kincir angin modern itu dimanfaatkan untuk memasok kebutuhan listrik rumah-rumah penduduk. Di Eropa, Jerman pengguna teknologi kincir angin modern terbesar.(Evy Syariefa)

0 comments: